Edukasi Pasien Sebelum Pemeriksaan MRI

  1. Apabila pasien belum mengetahui apakah menggunakan media kontras atau tidang sebaiknya pasien melakukan puasa agar menghindari kegagalan pemeriksaan
  2. Bila selama pemeriksaan terdapat keluhan silahkan menekan bel emergency yang sudah tersedia.
  3. Melakukan anamnesa singkat dan screening pada pasien untuk memastikan tidak terdapat logam didalam tubuh demi menjamin keamanan dan kenyamanan pada saat pemeriksaan MRI.
  4. Pada Pemeriksaan MRI Abdomen Pelvis/MRCP diharapkan mengikuti aba-aba petugas contohnya Tarik nafas, Keluarkan dan Tahan.
  5. Pasien diberi edukasi dan penjelasan terkait dengan pemeriksaan yang akan dilakukan, serta tetap tenang dan kooperatif pada saat pemeriksaan sedang berlangsung.
  6. Pasien diharapkan untuk tidak banyak bergerak pada saat melakukan pemeriksaan
  7. Pasien wajib membawa hasil pemeriksaan radiologi yang pernah dilakukan sebelumnya sebagai pembanding hasil pemeriksaan MRI sekarang (Apabila ada)
  8. Pasien yang akan melakukan pemeriksaan MRI dengan media kontras diwajibkan berpuasa selama 6-8 jam sebelum pemeriksaan, dengan tujuan untuk mencegah aspirasi yang dimungkinkan terjadi akibat reaksi alergi dari pasien kemudia melampirkan pemeriksaan laboratorium fungsi ginjal (urium dan kreatinin)
  9. Pemeriksaan MRI dimulai pukul 08.00 s/d 15.00 WIB pada hari Senin - Jum'at. Pasien diharapkan datang 15 menit sebelum pemeriksaan dimulai atau jika ada yang ingin ditanyakan dapat menghubungi admin radiologi dengan cara mengklik menu komunikasi.
  10. Pemeriksaan MRI membutuhkan waktu cukup lama. Selama pemeriksaan akan terdengar suara keras dari mesin MRI dan pasien akan dipasang earplug/earmuff.
  11. Selama Pemeriksaan pasien tidak disarankan untuk bergerak karena akan mempengaruhi hasil pemeriksaan. Untuk pemeriksaan MRI Nasofaring pasien tidak disarankan menelan air saliva (air liur) secara berlebihan.
© 2023. All rights reserved.